Profil Universitas Negeri Jakarta

Profil Universitas Negeri Jakarta

Profil Universitas Negeri Jakarta

Profil Universitas Negeri Jakarta – Universitas Negeri Jakarta adalah Perguruan Tinggi Negeri yang terdapat di kota Jakarta, Indonesia yang didirikan pada tahun 1964. Sebelumnya, Universitas Negeri Jakarta bernama Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Jakarta (IKIP Jakarta).

cc telah memperoleh akreditasi “B”. Akreditasi yang dilakukan oleh Tim Asesor BAN PT tahun 2021 ini, Universitas Negeri Jakarta memperoleh Akreditasi Unggul berdasarkan Surat Keputusan BAN-PT No. 45/SK/BAN-PT/Akred/PT/II/2021. Universitas Negeri Jakarta dinyatakan memenuhi syarat peringkat Akreditasi Unggul dengan memperoleh skor nilai 366 dan status akreditasi ini berlaku sejak tanggal 2 Februari 2021 sampai dengan 2 Februari 2026.

Universitas Negeri Jakarta dibangun berdasarkan Keputusan Presiden No 1 Tahun 1963 bahwa Fakultas Pendidikan Universitas Indonesia dan Institut Pendidikan Guru digabung menjadi IKIP Jakarta (Institut Keguruan Ilmu Pendidikan). Pada tanggal 16 Mei 1964, IKIP Jakarta resmi berdiri.

Baca juga artikel lainnya : Fakta Universitas Ruprecht Karl Heidelberg

Setelah 35 tahun berdiri, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan memutuskan mengubah nama IKIP menjadi Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Meski fokus utamanya adalah pendidikan, UNJ melahirkan beberapa fakultas baru, diantaranya: seni, olahraga, humaniora, ilmu pengetahuan dan teknologi.

Informasi Singkat Mengenai Profil Universitas Negeri Jakarta

Universitas Negeri Jakarta (UNJ) merupakan sebuah perguruan tinggi negeri yang berlokasi di Jakarta Timur, DKI Jakarta. Universitas Negeri Jakarta berdiri pada tanggal 16 Mei 1964 dengan nama awal Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Jakarta. Kampus yang memiliki julukan kampus pergerakan ini juga memiliki moto building future leaders.

Setelah masa kemerdekaan Indonesia, pemerintah merasakan kurangnya tenaga pendidik pada beberapa jenjang pendidikan. Hal tersebut membuat didirikannya kursus B-I B-II serta PGSLP yang memiliki tugas menyiapkan guru-guru untuk sekolah lanjutan sekitar tahun 1950-an. Peningkatan mutu dan jumlah guru tersebut terus dilakukan, salah satunya dengan didirikannya Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG) oleh pemerintah.

Pada tahun 1957 dilakukan pengintegrasian di mana PTGP digabungkan menjadi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan ke dalam Universitas terdekat. Begitupun kursus B-I dan B-II Jakarta yang juga diintegrasikan dalam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Indonesia. Hingga mulai 16 Mei 1964 berlaku keputusan presiden terkait integrasi sistem kelembagaan pendidikan guru, yang sekaligus diperingati sebagai hari lahirnya Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Jakarta.

Selanjutnya, dalam perkembangannya IKIP Jakarta kemudian mendapatkan perluasan mandat dalam mengembangkan ilmu pendidikan dan non-kependidikan dalam bentuk universitas. Yakni tercatat sejak 4 Agustus 1999 IKIP Jakarta berubah menjadi Universitas Negeri Jakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published.