Fakta Universitas Ruprecht Karl Heidelberg

Fakta Universitas Ruprecht Karl Heidelberg

Fakta Universitas Ruprecht Karl Heidelberg – Sudah bukan hal yang aneh lagi jika Jerman dijadikan tujuan banyak anak muda dari seluruh dunia untuk menuntut ilmu. Semua universitas dan sekolah tinggi di Jerman terakreditasi baik. Masing-masing universitas memiliki jurusan andalannya. Ruprecht-Karls-Universität Heidelberg atau yang lebih dikenal dengan Universitas Heidelberg menjadikan Jurusan Kedokteran sebagai jurusan yang paling diandalkan di kampus mereka. Universitas ini adalah universitas tertua di Jerman, berada di kota Heidelberg, negara bagian Baden-Württemberg. Didirikan sejak abad ke-14 (1386), sudah banyak orang-orang penting peraih penghargaan Nobel dilahirkan dari Universitas Heidelberg.

Baca juga : Profil Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Istana, Sungai Neckar, Jembatan Tua dan bangunan-bangunan klasik abad pertengahan merupakan tetangga Universitas Heidelberg yang memperkuat atmosfir zaman renaissance. Siapa yang tidak betah kuliah disini. Tak perlu berjalan jauh keluar kampus untuk menyegarkan pikiranmu yang mungkin bosan dengan pelajaran di kelas, lingkungan kampus Universitas Heidelberg sudah cukup untuk menyegarkan kembali pikiranmu.

Fakta Universitas Ruprecht Karl Heidelberg

Universitas Heidelberg merupakan universitas ketiga setelah Universitas Wina dan Universitas Karls Praha yang didirikan di dalam wilayah kekaisaran Suci Romawi. Ia didirikan pada tahun 1386 oleh Kurfürst Ruprecht I dengan persetujuan Paus di Roma dengan tujuan semula untuk menciptakan kekuatan pada teritorialnya Pfalz am Rhein dan untuk mendidik pekerja-pekerja gereja dan negara.

Profesor-profesor pertamanya berasal dari Paris dan Praha. Mereka melarikan diri ke tempat yang aman karena keterpecahan gereja (skisma) dan peperangan yang terjadi di tanah airnya. Tempat pilihan mereka adalah Heidelberg. Rektor pendiri adalah Marsilius von Inghen. Pada abad ke-14 didirikan Peterskirche (Gereja Petrus) yang berfungsi sebagai gereja universitas.

Raja-raja memelihara universitas, namun mereka juga turut campur dalam otonomitas universitas. Mereka menciptakan ruang-ruang bagi aliran-aliran baru, seperti misalnya humanisme.

Pendidikan tinggi di Jerman

Beberapa universitas ternama di dunia ditemukan di Jerman, seperti Universitas Heidelberg (Ruprecht-Karls-Universitat Heidelberg, didirikan pada tahun 1386), Universitas Freiburg (didirikan pada 1457), Munich Technical University (Technische Universitat München), dan Max Planck untuk Antropologi Evolusi di Leipzig. Mayoritas universitas Jerman ‘s bersifat publik dan saat ini memungut biaya kuliah sekitar € 60 atau $ 80 dolar AS per semester.

Pengajaran ditekankan universitas di Jerman selama penelitian, dengan penelitian menjadi fokus lembaga independen dikenal dengan pendekatan tradisional mereka untuk ilmu-ilmu sosial. Bagi siswa yang ingin mengejar gelar di bidang psikologi, antropologi, filsafat atau sosiologi, penerimaan ke salah satu universitas riset sangat kompetitif dan diarahkan mahasiswa yang telah menunjukkan bakat dan kecemerlangan yang luar biasa terhadap bidang tertentu.

Tipe lain dari universitas populer dengan siswa internasional adalah Fachhochschule (FH), Universitas Sains Terapan. Program yang ditawarkan di Fachhochschule dirancang untuk mempersiapkan siswa untuk bekerja dalam profesi tertentu yang tidak berorientasi akademis, seperti informasi teknologi, keperawatan dan bisnis. Negara Jerman dan pemerintah federal juga menjaga beberapa FHS yang melatih siswa yang ingin karir dalam pelayanan sipil. Siswa tidak bisa mendapatkan gelar doktor di Fachhochschule.

Perguruan tinggi seni, film dan musik menyediakan program kreatif bagi siswa yang ingin karir dalam seni rupa, desain fashion, seni grafis dan musik. Selama berabad-abad, Jerman telah membuat kontribusi luar biasa bagi dunia seni rupa, sastra dan musik dengan menghasilkan penulis brilian seperti, seniman dan komposer sebagai Mozart, Brahms, Hesse, Max Ernst dan Nietzsche dan terus menjadi kekuatan yang kuat di dunia seni rupa, pembuatan film dan fashion.

Leave a Reply

Your email address will not be published.