Universitas Teknik Lingkungan Terbaik di Indonesia

Daftar 5 Universitas Teknik Lingkungan Terbaik di Indonesia

Universitas Teknik Lingkungan Terbaik di Indonesia – Jurusan Teknik Lingkungan merupakan salah satu penghasil Petugas Pengambilan Sampel Uji Udara. Udara merupakan bagian yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Oleh karena itu, pemerintah perlu melakukan pengawasan agar kualitas udara di lingkungan kita tidak berbahaya. Salah satu jabatan penting dalam pelaksanaan uji kualitas udara ini adalah Air Test Sampling Officer atau PPC udara.

Di Indonesia, ada banyak universitas yang menawarkan jurusan teknik lingkungan. Meski tidak sepopuler jurusan lain, peran alumni sangat penting dalam berbagai sektor kehidupan.

Di jurusan ini, mahasiswa akan belajar tentang bagaimana memanfaatkan sumber daya yang ada di lingkungan termasuk udara, darat dan udara tanpa merugikan manusia dan makhluk lain di dalamnya. Simak daftar universitas dengan jurusan teknik lingkungan terbaik di bawah ini!

Jika Anda tertarik Inilah Daftar 5 Universitas Teknik Lingkungan Terbaik di Indonesia

Institut Teknologi Bandung

Institut Teknologi Bandung atau lebih dikenal dengan ITB merupakan salah satu kampus terbaik yang menghasilkan alumni PPC airborne. Kampus yang menduduki peringkat 313 universitas terbaik di dunia QS World University memiliki Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan yang menyediakan pilihan studi Teknik Lingkungan.

Selain terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT), ITB secara internasional mengacu pada Badan Akreditasi Lada Bidang Teknik dan Teknologi (ABET) yang bermarkas di Amerika Serikat.

Sedangkan organisasi profesi nasional yang diikuti oleh Jurusan Teknik Lingkungan ITB adalah Ikatan Ahli Teknik Sanitasi dan Lingkungan Indonesia (IATPI).

Institut Teknologi Sepuluh November

Sebagai salah satu kampus terbaik di Indonesia, ITS juga telah membuka jurusan teknik lingkungan yang dikenal sebagai penghasil alumni terbaik di bidangnya.

Jurusan Teknik Lingkungan ITS mempelajari dan mendalami bidang teknik pengelolaan lingkungan antara lain Teknologi Penyediaan dan Pengelolaan Air, Pengelolaan Limbah, Pengelolaan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun serta hal-hal yang berkaitan dengan AMDAL (Analisis Mengenai Dampak Lingkungan).

Salah satu misi Jurusan ini adalah mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang rekayasa dan manajemen yang mengutamakan kondisi lingkungan.

Universitas Indonesia

Program sarjana Teknik Lingkungan Universitas Indonesia telah diakreditasi oleh BAN PT dengan nilai A. Tidak hanya itu, jurusan ini juga memperoleh Akreditasi ASEAN University Network (AUN) 2008, di bawah Fakultas Teknik Sipil.

Jurusan Teknik Sipil Universitas Indonesia mengemban misi untuk menghasilkan lulusan yang profesional dan memiliki kompetensi dalam perencanaan dan perancangan sistem bangunan dan struktur.

Meski skema ini hanya tersedia bagi mahasiswa yang memenuhi persyaratan, hal ini tentu akan mempersiapkan tenaga profesional, terutama sebagai PPC udara.

Universitas Diponegoro

Bagi calon mahasiswa yang berminat menjadi Air Test Sampling Officer, kuliah di kampus ini bisa menjadi langkah awal dalam memulai karir. Jurusan ini memiliki berbagai misi penting, antara lain:

melakukan penelitian dan publikasi serta memperoleh hak paten atas kekayaan intelektual di bidang Manajemen dan Rekayasa Lingkungan
Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dan menjalin kerjasama dengan pemangku kepentingan untuk menciptakan solusi permasalahan lingkungan sebagai upaya penerapan manajemen pengetahuan praktis dan rekayasa lingkungan.

Universitas Airlangga

Jurusan Teknik Lingkungan Universitas Airlangga pada awalnya bernama Ilmu dan Teknologi Lingkungan. Perubahan nama yang dilakukan pada tahun 2018 bertepatan dengan reakreditasi jurusan oleh BAN PT.

Dalam bidang ini, terdapat berbagai ilmu yang diberikan termasuk hal-hal yang berkaitan dengan masalah lingkungan dengan segala aspek di dalamnya. Pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan, pengendalian pencemaran, teknologi pengolahan limbah dan pelestarian pantai, laut dan beberapa contohnya.

Alumni yang lulus dari program studi teknik lingkungan ini tidak hanya bisa bekerja di pemerintahan tetapi juga di perusahaan swasta, termasuk sebagai pekerja PPC udara.

Jurusan Teknik Lingkungan Universitas Airlangga saat ini memiliki 260 mahasiswa aktif dengan lebih dari 90 mahasiswa baru. Saat ini Jurusan tersebut memperoleh akreditasi A dari BAN PT.

Baca Juga : Daftar 5 Kampus Teknik Pertambangan Terbaik di Indonesia Saat Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published.