Daftar 4 Universitas Tertua di Indonesia

Daftar 4 Universitas Tertua di Indonesia

Universitas Tertua di Indonesia – Indonesia memiliki daftar universitas sangat banyak bukan? Seperti yang kita ketahui, terdapat banyak sekali perguruan tinggi, mulai dari Indonesia mulai dari bagian timur hingga bagian barat Indonesia. Universitas-universitas tersebut memiliki keunikannya masing-masing.

Keunikan mereka dapat dilihat dari budaya mereka, kurikulum mereka, aktivitas siswa, dan sebagainya. Perbedaan mendasar ini secara otomatis dapat menimbulkan perbedaan dalam kehidupan universitas di Indonesia. Itu sangat menarik, bukan?

Namun tetap saja universitas-universitas tersebut dapat dikategorikan sebagai universitas lama atau universitas baru. Pada dasarnya, yang lama dibangun di era kolonial dan universitas baru didirikan di era modern. Universitas mana pun Anda berada, mereka tidak dapat disangkal keren.

Dan mayoritas, universitas-universitas tersebut adalah jenis universitas di Indonesia untuk mahasiswa internasional, karena mereka mungkin membuka program studi internasional. Dan mungkin mereka perlu tahu cara belajar di Indonesia. Nah, itulah daftar universitas tertua di Indonesia.

Daftar Universitas Tertua di Indonesia

1. Universitas Indonesia

Siapa sih yang tidak mengenal Universitas Indonesia (UI)? Universitas dengan almamater kuning populer ini merupakan universitas tertua di Indonesia. Kampus utama terletak di Depok, Jawa Barat, tepatnya di taman utara.

Hingga saat ini Universitas Indonesia telah menghasilkan kurang lebih 400.000 alumni. Mahasiswa yang kuliah di sana berasal dari latar belakang, budaya, dan sebagainya yang sangat berbeda sehingga tidak heran jika Universitas Indonesia merupakan salah satu kampus paling multikultural yang mencakup disiplin ilmu yang luas di Indonesia.

2. Universitas Airlangga

Daftar universitas tertua di Indonesia selanjutnya adalah Universitas Airlangga. Universitas ini terletak di Surabaya, Jawa Timur. Universitas Airlangga didirikan pada tanggal 10 November 1954 bertepatan dengan Hari Pahlawan ke-9.

Pada saat peresmiannya, Universitas Airlangga terdiri dari lima fakultas, yaitu Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Hukum, Fakultas Sastra, dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Masing-masing fakultas memiliki keunikan. Fakultas Kedokteran Gigi pada awalnya merupakan cabang dari Universitas Indonesia. Selain itu, Fakultas Hukum pada awalnya merupakan cabang dari Universitas Gadjah Mada. Pada tahun 1962 Fakultas Sastra Universitas Airlangga berpisah dari Universitas Airlangga menjadi bagian dari Universitas Udayana.

3. Universitas Gadjah Mada

Anda pasti familiar dengan sebutan “Gadjah Mada”? Ya, itulah Universitas Gadjah Mada! Universitas favorit ini merupakan universitas pertama yang didirikan oleh Pemerintah Republik Indonesia setelah Indonesia merdeka.

Pada awalnya, ketika Universitas Gadjah Mada masih dalam proses pendirian, Universitas Gadjah Mada hanya memiliki enam fakultas, tetapi sekarang telah memiliki 18 Fakultas dan dua Sekolah yaitu Sekolah Vokasi dan Sekolah Pascasarjana (sebelumnya Program Pascasarjana), dan lebih dari 100 Program Studi untuk Magister, Doktor dan Spesialis.

4. Institut Teknologi Bandung

Dan sekarang, last but not least… daftar terakhir universitas tertua di Indonesia adalah Institut Teknologi Bandung! Universitas ini sangat terkenal dan menjadi tujuan utama bagi Anda semua siswa SMA yang menyukai teknik, seni, dan bisnis.

Seperti yang kita ketahui dari judulnya, Institut Teknologi Bandung terletak di Bandung, Jawa Barat. Lembaga ini didirikan pada tanggal 3 Juli 1920. Benar-benar tua bukan?

Pada tahun 2016, ITB akhirnya memiliki sepuluh program studi sarjana yang terakreditasi internasional dari Badan Akreditasi Teknik dan Teknologi. Bersama Institut Pertanian Bogor, Institut Teknologi Bandung mendapat akreditasi internasional.

Baca Juga : 3 Universitas Dengan Jurusan Teknik Industri Terbaik di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published.