6 Universitas Terbaik di Jepang untuk Pelajar Internasional

6 Universitas Terbaik di Jepang untuk Pelajar Internasional

Universitas Terbaik di Jepang – Jepang adalah negara kepulauan di Asia dan terkenal sebagai salah satu negara yang paling maju secara teknologi. Jepang menjadi negara dengan ekonomi terbesar ketiga di dunia, membuktikan ketahanannya meskipun rentan terhadap kesulitan alam.

Negara Sakura ini memiliki pengaruh yang luas di banyak negara, mulai dari bakat kuliner hingga gaya seni ikonik hingga transformasi digital. Perpaduan tradisi kuno dengan teknologi perintis menumbuhkan pandangan yang rendah hati namun inovatif, sebuah pendekatan yang harus dimiliki pendidikan. Pada artikel ini, kita akan melihat universitas terbaik di Jepang untuk siswa internasional.

Apakah Jepang baik untuk pelajar internasional untuk belajar?

Sebagai salah satu negara paling melek huruf secara global, Jepang secara konsisten menempati peringkat 10 besar negara untuk pendidikan tinggi di Asia dan dunia. Jepang mendorong internasionalisasi di universitasnya dengan program dukungan seperti Beasiswa Pemerintah Jepang (MEXT). Perekonomian mereka juga memiliki permintaan yang besar untuk pekerja asing, dan mahasiswa internasional didorong untuk tinggal di negara itu setelah lulus dari universitas.

Universitas Terbaik di Jepang untuk Siswa Internasional

1. Universitas Tokyo (UTokyo / Todai)

University of Tokyo adalah universitas nasional pertama di Jepang, didirikan pada tahun 1877. University of Tokyo adalah universitas terbaik di Jepang untuk mahasiswa internasional dengan kampus di Hongō, Komaba, Kashiwa, dan Nakano. UTokyo memiliki sepuluh fakultas, termasuk Sains, Kedokteran, Teknik, Pertanian, Ekonomi, Pendidikan, Hukum, dan Seni & Sains. Di antara 15 sekolah pascasarjana di bidang studi yang sama dan lebih banyak lagi, Ekonomi dan Hukum sebagai yang paling terkemuka. Beberapa dari program ini diadakan dalam bahasa Inggris, terutama kursus tingkat pascasarjana.

2. Universitas Kyoto (Kyodai)

Universitas Kyoto adalah universitas tertua kedua di Jepang, didirikan pada tahun 1897 mengikuti prinsip “kebebasan budaya akademik”. Ini memiliki sepuluh fakultas yang menawarkan berbagai mata pelajaran seperti Studi Manusia Terpadu, Pendidikan, dan Kedokteran, untuk beberapa nama. Di antara delapan belas sekolah pascasarjananya adalah bidang studi lanjutan seperti Ilmu Energi dan Studi Lingkungan Global. Kyodai juga dikenal dengan penelitian mutakhirnya, terutama di bidang Kimia, Biologi & Biokimia, dan Farmakologi.

3. Universitas Tohoku (Tohokudai)

Universitas Tohoku adalah institusi pendidikan tinggi di prefektur Miyagi. Perguruan Tinggi top di Jepang ini menawarkan program sarjana dan pascasarjana yang komprehensif di hampir semua bidang pengetahuan. Selain itu, ia dikenal karena prestasinya dalam penelitian. Program penelitian dengan peringkat tertinggi Tohukodai adalah Material Science yang menempati peringkat 1 di Jepang dan 3 di dunia. Lembaga ini juga unggul dalam Fisika, Farmakologi dan Toksikologi, dan Kimia.

4. Institut Teknologi Tokyo (Tokyo Tech / Tokodai / TIT)

Institut Teknologi Tokyo, salah satu universitas terbaik di Jepang untuk siswa internasional, didedikasikan untuk sains dan teknologi. Ini memiliki tiga sekolah sarjana di bidang Teknik, Sains, dan Biosains & Bioteknologi. Ilmu Informasi, Ilmu Keputusan, dan Manajemen Inovasi ditambahkan ke bidang studi di program pascasarjananya. Tokodai menerapkan penelitian praktis dan pendekatan langsung pada unit penelitiannya, seperti DLab (Laboratorium Desain & Inovasi Sosial) terkemuka dan ELSI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Bumi).

5. Universitas Nagoya (NU/Meidai)

Universitas Nagoya dimulai sebagai sekolah kedokteran sementara pada tahun 1871 dan menjadi universitas nasional pada tahun 1947. Saat ini, NU mengikuti prinsip kebebasan, keterbukaan, dan kewirausahaan di sembilan fakultas dan 13 sekolah pascasarjana. Ini memiliki tradisi yang mengakar dalam kimia dan fisika dan memiliki prestasi penelitian kelas dunia di bidang ini. NU menghasilkan alumni terkemuka yang menjadi duta besar, CEO, dan pemenang Hadiah Nobel.

6. Universitas Kesehatan Kerja dan Lingkungan Jepang (UOEH)

Universitas Kesehatan Kerja dan Lingkungan Jepang, salah satu universitas Jepang terbaik untuk siswa internasional, adalah universitas swasta yang didedikasikan untuk kesehatan kerja. Didirikan pada tahun 1978 di bawah Undang-Undang Keselamatan dan Kesehatan Industri yang mewajibkan perusahaan Jepang untuk menjaga kesehatan pekerja mereka dengan menunjuk dokter kerja. Dengan demikian, lembaga ini mempelopori pelatihan para profesional medis ini. Selain pelatihan Kesehatan Kerja, ia menawarkan program dalam kedokteran, keperawatan, dan ilmu ekologi industri.

Baca Juga : 5 Universitas Terbaik di Singapura untuk Pelajar Internasional

Leave a Reply

Your email address will not be published.