Kampus Terbaik Jurusan Pariwisata di Indonesia

7 Kampus Terbaik Jurusan Pariwisata di Indonesia

Jurusan Pariwisata Terbaik di Indonesia – Sektor pariwisata merupakan salah satu penyumbang pendapatan negara di Indonesia. Tak heran karena Indonesia memang memiliki banyak potensi wisata yang tersebar di seluruh wilayah, mulai dari kekayaan alam hingga budayanya. Agar sektor ini dapat berkembang, tentunya lembaga pendidikan yang mampu mencetak tenaga profesional di bidang pariwisata.

Daftar Kampus Terbaik Jurusan Pariwisata di Indonesia

1. Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung

Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung (STPB) merupakan perguruan tinggi yang berada di bawah naungan Kementerian Pariwisata. Universitas ini memiliki dua program studi unggulan dengan status terakreditasi A dari daftar BAN-PT. Program studi pariwisata di STPB adalah Manajemen Destinasi Pariwisata dan Manajemen Usaha Pariwisata.

2. Universitas Udayana

Pulau Bali dikenal sebagai salah satu destinasi wisata yang namanya sudah terdengar di seluruh dunia. Maka tak heran jika pulau ini memiliki lembaga pendidikan yang menyediakan jurusan pariwisata seperti Universitas Udayana. Meskipun merupakan universitas negeri yang menyediakan program studi dengan berbagai disiplin ilmu, namun universitas ini memberikan perhatian khusus pada bidang pariwisata dengan keberadaan Fakultas Pariwisata.

3. Politeknik Negeri Bali

Selain Universitas Udayana, masih ada beberapa perguruan tinggi yang memiliki jurusan pariwisata di Bali. Salah satunya adalah Politeknik Negeri Bali dengan Program Studi Manajemen Bisnis Pariwisata. Program studi ini merupakan program studi vokasi atau Diploma 4.

4. Universitas Airlangga

Salah satu perguruan tinggi negeri yang berada di kota Surabaya ini juga memiliki jurusan yang mempelajari pariwisata. Di bawah naungan Fakultas Vokasi, jurusan pariwisata Universitas Airlangga secara lengkap disebut Program Studi D3 Pariwisata. Program studi ini menyelenggarakan program vokasi untuk pengembangan keterampilan teknis dan kemampuan kewirausahaan mahasiswa di bidang pariwisata.

5. Perguruan Tinggi Pariwisata Trisakti

Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti adalah sebuah perguruan tinggi yang berlokasi di Jakarta. Memiliki Program Studi Sarjana Perhotelan dan Pariwisata yang berdiri sejak tahun 2018, STP Trisakti telah menyandang status akreditasi A dari BAN-PT. Program studi ini idealnya dapat diselesaikan dalam waktu 8 semester.

Lulusan Program Studi Sarjana Perhotelan dan Pariwisata STP Trisakti diharapkan mampu memiliki jiwa kepemimpinan serta mampu memahami konsep dan analisa yang berkaitan dengan perhotelan dan pariwisata. Mata kuliah pada program studi ini terdiri dari 103 sks untuk mata kuliah teori dan 44 sks untuk mata kuliah praktik. Dengan demikian, total beban studi yang harus dicapai adalah 147 SKS.

6. Universitas Brawijaya

Jurusan Pariwisata Universitas Brawijaya berada di bawah naungan Fakultas Ilmu Administrasi. Didirikan pada tahun 2011, Program Studi S1 ​​Pariwisata bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang mampu merumuskan perencanaan, pengorganisasian, kepegawaian, pengendalian dan pengendalian, serta evaluasi program pada tingkat operasional di berbagai jenis organisasi bisnis. Lulusan juga diharapkan dapat berkontribusi dalam meningkatkan kehidupan sosial serta bersaing di industri pariwisata.

7. Universitas Gadjah Mada

Di UGM, program sarjana pariwisata merupakan bagian dari Fakultas Ilmu Budaya. Pada semester akhir, mahasiswa akan diwajibkan untuk mengambil mata kuliah magang. Selain itu, terdapat berbagai mata kuliah pilihan seperti travel writing, wisata bahari, studi manajemen makanan dan minuman, manajemen kapal pesiar, dan lain sebagainya.

Untuk jenjang D3 Pariwisata, status akreditasi dari BAN-PT adalah B. Sedangkan untuk program studi S1, S2, dan S3 sudah memiliki peringkat akreditasi A.

Baca Juga : 6 Universitas Swasta Jurusan Ilmu Komunikasi Terbaik di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published.