Jurusan Kuliah Bidang Kesehatan yang Populer di Masyarakat

10 Jurusan Kuliah Bidang Kesehatan yang Populer di Masyarakat

Jurusan Kuliah Bidang Kesehatan yang Populer di Masyarakat – Jika Kamu tertarik untuk berkarir di bidang medis, Kamu biasanya memerlukan gelar sarjana, tetapi tidak ada gelar khusus yang harus Kamu peroleh atau jalur yang harus di ambil. Jika Kamu ingin menjadi dokter, perawat, asisten dokter, praktisi perawat, dokter gigi, apoteker, ahli terapi fisik, atau hal lain yang memerlukan pelatihan medis, Kamu memiliki pilihan lain.

Lihatlah jurusan medis populer ini yang dapat mempersiapkan Kamu untuk berkarir di bidang perawatan kesehatan.

Saat memilih jurusan kedokteran, Kamu pasti ingin memastikan untuk mengambil jurusan yang tepat sehingga Kamu bisa masuk ke sekolah kedokteran atau Perguruan Tinggi, tetapi juga penting untuk memilih salah satu yang Kamu sukai.

Daftar Jurusan Kuliah Bidang Kesehatan yang Populer di Masyarakat

1. Jurusan Biologi

Biologi adalah salah satu jurusan paling umum bagi mereka yang ingin mengejar karir medis, terutama calon dokter dan ahli bedah.

Mengambil jurusan biologi adalah salah satu cara untuk memastikan Kamu mengambil kursus sains prasyarat dan laboratorium yang dibutuhkan oleh banyak sekolah kedokteran. Kamu akan mempelajari organisme hidup dengan topik seperti biologi manusia, anatomi, fisiologi, dan genetika.

2. Jurusan Keperawatan

Memperoleh gelar sarjana keperawatan dapat membantu Kamu menjadi perawat terdaftar dan bahkan mengarahkan Kamu untuk mencari karir yang lebih maju dalam keperawatan, seperti menjadi praktisi perawat. Ini juga bisa menjadi jalur yang bagus untuk sekolah kedokteran.

Banyak program keperawatan menyertakan beberapa kursus prasyarat untuk sekolah kedokteran, meskipun Kamu mungkin perlu mengambil kursus tambahan. Gelar keperawatan Kamu juga kemungkinan akan mengharuskan Kamu untuk menyelesaikan magang di rumah sakit atau pengaturan klinis, memberi Kamu beberapa pengalaman langsung untuk masa depan dan membantu Kamu mengembangkan cara samping tempat tidur Kamu.

3. Jurusan Psikologi

Jurusan Ilmu Sosial seperti psikologi bukan hanya gelar sarjana yang bagus untuk calon dokter. Mereka dapat menjadi aset dan kadang-kadang bahkan lebih disukai oleh sekolah kedokteran.

Kamu dapat membedakan diri Kamu dari siswa biologi dan kimia dan menambahkan keragaman ke kelas kelulusan Kamu dengan mengambil jurusan psikologi. Kamu juga akan mendapatkan keterampilan di tempat kerja yang diperlukan untuk mengambil pendekatan humanistik untuk karir medis, seperti empati, komunikasi, pemikiran kritis, dan ketahanan.

4. Jurusan Kesehatan masyarakat

Jurusan kesehatan masyarakat lebih berfokus pada kesehatan seluruh komunitas atau populasi daripada pasien tertentu. Kamu akan fokus pada tindakan pencegahan, tren dan statistik kesehatan, dan mempromosikan kesehatan yang baik.

5. Jurusan Ekonomi

Jurusan ekonomi dan program pra-kedokteran mungkin tidak tampak berjalan beriringan pada pKamungan pertama, tetapi ini lebih umum daripada yang Kamu kira. Seperti psikologi, ekonomi adalah ilmu sosial, jadi Kamu akan belajar cara berpikir kritis tentang dunia di sekitar Kamu dan orang-orang di dalamnya.

Setelah Kamu menyelesaikan kuliah dan menjadi praktisi medis profesional, Kamu akan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana membuat layanan Kamu lebih terjangkau bagi pasien Kamu, serta bagaimana menjalankan praktik pribadi dan bahkan bagaimana bekerja dengan perusahaan asuransi.

6. Jurusan Matematika dan statistik

Jurusan matematika dan statistik juga bagus untuk mempersiapkan Kamu masuk sekolah kedokteran. Bukan rahasia lagi bahwa kelas matematika bisa jadi sulit, tetapi beberapa dokter mengatakan bahwa kerja keras yang mereka lakukan sebagai sarjana membantu mempersiapkan mereka untuk kerja keras yang harus mereka lakukan sebagai mahasiswa sekolah kedokteran.

7. Jurusan Sastra Inggris

Ketika kebanyakan orang memikirkan program sarjana untuk mahasiswa kedokteran, biologi, fisiologi, dan studi terkait akan sering muncul di pikiran. Tidak banyak orang yang menganggap gelar Sastra Inggris sebagai titik awal untuk berkarir sebagai dokter medis, tetapi lebih banyak ahli medis daripada yang Kamu pikirkan dimulai sebagai jurusan bahasa Inggris.

Baca Juga : 5 Universitas dengan Jurusan Teknik Terbaik di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published.